JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Pengertian Internet

Pengertian dan Sejarah Internet Secara Lengkap


Di artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian Internet,  sejarah internet dan perkembangan internet  serta perangkat pendukung internet secara lengkap dan mudah untuk di pahami.

Pengertian Internet
Interconnection Networking atau lebih familiar dengan internet adalah sekumpulan dari jaringan komunikasi secara global yang terbuka dan saling menghubungkan antara jaringan komputer dari sistem yang berbeda dengan banyak tipe dan jenis, dengan menggunakan model komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya.

Jadi internet bisa diartikan adalah sekumpulan berbagai macam jenis sistem jaringan komputer di dunia yang  terkoneksi satu sama lain dan saling berkomunikasi satu dengan lainnya.

Sejarah Internet
Menurut sejarah, internet ditemukan pada tahun 60-an atau lebih tepatnya tahun 1969. Internet bermula dari riset yang disponsori oleh DARPA (Defense Advance Reasearch ProjectsAgency).

Riset ini bertujuan untuk mengembangkan jaringan komputer yang :

  • Berkerja secara transparan, melalui bermacam-macam jaringan komunikasi data yang sudah terhubung satu dengan yang lain.
  • Tahan atau kuat terhadap berbagai gangguan. Seperti bencana alam, serangan nuklir dll.

Perkembangan jaringan ini berhasil dan mencetuskan APRANET (Advanced Research Project Agency Network) . Jadi APRANET adalah jaringan komputer pertama kali yang berada di dunia.

Model DARPA

DARPA Reference Mode adalah sebuah referensi protokol jaringan yang berguna untuk protokol TCP/IP yang dibuat oleh DARPA. Tipe referensi ini hampir sama dengan OSI Reference Model, di mana setiap lapisan yang ada di bawah tersedia layanan untuk lapisan yang ada di atasnya, dan lapisan yang ada di atas memakai layanan untuk lapisan yang ada di bawahnya.

Model referensi DARPA hanya memiliki 4 lapisan yaitu :

  1. 4 Apllication Layer
  2. 3 Host-to-Host Layer/ Transport Layer
  3. 2 Internetworking Layer / Internet Layer
  4. 1 Network interface layer / Phisical Layer

foto:artikelteknologi.com


Penjelasan model referensi DARPA

Apllication Layer berguna untuk menyediakan servis aplikasi TCP/IP, layer ini menangani high level protocol, gangguan referensi data, proses encoding dan dialog kontrol yang memungkinkan munculnya komunikasi antar aplikasi jaringan.

Protokol yang berjalan :
Telnet, Protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP).

Host-to-Host Layer/ Transport Layer

Lapisan ini berguna untuk mengatur komunikasi antar host dan membuat sebuah sesi connection-oriented atau menyebarkan sebuah connectionless broadcast.  Protokol-protokol yang digunakan pada lapisan ini adalah protokol Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

Internetworking Layer / Internet Layer

Layer ini mempunyai tugas utama dalam menentukan ruter terbaik yang akan dilalui oleh paket data. Protokol yang digunakan pada lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), serta Internet Group Management Protocol (IGMP).

Network interface layer / Phisical Layer

Memiliki fungsi untuk menempatkan frame-frame data yang akan ditransfer ke media jaringan. Protokol yang digunakan dalam lapisan ini adalah beberapa arsitektur jaringan lokal (seperti Ethernet atau Token Ring), dan layanan teknologi WAN (seperti Plain Old Telephone Service (POTS), Integrated Services Digital Network , Frame Relay, dan Asynchronous Transfer Mode.

Baca juga: info teknologi terbaru

Aplikasi internet yang pertama kali ditemukan

Pertama adalah FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah layanan internet yang berfungsi mengirimkan file. Proses pengiriman file dari komputer ke server (file server) dinamakan dengan istilah unggah (upload). File yang sudah ada di file server, bisa diambil oleh orang lain untuk digunakan dan disimpan di komputer. Proses mengambil file atau data dari file server disebut juga dengan unduh (download).

Kedua adalah email. Electronic mail adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer tentunya dengan jaringan internet yang stabil.

Ketiga adalah Telnet (Telecommunication Network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk koneksi internet atau LAN (Local Area Network). Telnet berguna untuk melakukan koneksi ke sebuah server dan port tertentu. Telnet digunakan untuk berinteraksi langsung dengan server.

Itulah sedikit pembahasan Artikel Teknologi tentang pengertian dan sejarah internet serta perkembangan  internet di dunia semoga bisa dijadikan referensi dan semoga bermanfaat. Salam hangat

Subscribe to receive free email updates: