JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Info Teknologi terbaru

8 Perbedaan internet dan intranet 


Masih ada orang yang beranggapan  bahwa internet dan intranet itu sama saja. Ada juga yang masih bingung cara membedakannya. Perbedaan yang paling mendasar adalah siapa yang bisa mengakses jaingan tersebut.

Internet bisa diakses oleh siapa saja, sementara intranet hanya bisa diakses oleh beberapa pengguna yang sudah lolos verifikasi. Berikut ini perbedaan utama antara internet dan intranet.

1.  Internet menghubungkan banyak jaringan komputer dari seluruh dunia, sedangkan intranet hanya menghubungkan beberapa komputer yang ada dalam suatu jaringan komputer tertentu seperti komputer yang berada dalam jaringan komputer perusahaan.

2. Intranet adalah bagian dari internet, tetapi tidak sebaliknya.

3. Siapapun bisa mengakses internet, sementara intranet hanya boleh diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan saja. Biasanya untuk bisa masuk ke intranet, pengguna harus login terlebih dahulu.

4. Keamanan internet sangat terlihat rapuh karena aksesibilitasnya yang sangat luas. Data dan informasi penting yang dikirimkan melalui internet bisa saja terdeteksi atau di ketahui  pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan keamanan jaringan intranet lebih kuat karena aksesibilitasnya yang terbatas.Hanya lingkup dalam saja.

5. Jumlah pengguna yang dapat mengakses internet tidak terbatas, sementara jumlah pengguna  intranet dibatasi dalam sebuah perusahaan atau organisasi saja.



6. Konten-konten yang ada di internet terdiri dari berbagai macam jenis dan berasal dari berbagai sumber. Konten tersedia bagi siapapun yang ingin mengaksesnya. Sedangkan konten yang ada di jaringan intranet merupakan konten yang sudah spesifik dan hanya di gunakan untuk kepentingan organisasi atau perusahan. Konten intranet hanya tersedia bagi staf organisasi dan tidak ditujukan untuk publik atau masyarakat umum.

7. Internet tidak dimiliki oleh kelompok atau organisasi tertentu. Sementara jaringan intranet adalah kepunyaan suatu organisasi atau perusahaan tertentu. Sehingga jaringan internet disebut sebagai jaringan publik dan jaringan intranet disebut sebagai jaringan private atau milik pribadi.

8. Internet dapat memakai berbagai macam jaringan teknologi seperti teknologi wireless, optic, atau elektronik. Sedangkan intranet  hanya menggunakan teknologi LAN atau WAN.

Itulah perbedaan internet dan intranet. Jadi Anda sudah tidak bingung lagi kan dengan internet dan intranet? Semoga artikel ini bermanfaat ya. Salam hangat...

Subscribe to receive free email updates: