JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

4 Tanda Kesehatan yang dapat Ditunjukkan oleh Keringat Anda

4 Kondisi Kesehatan yang Bisa Ditunjukkan oleh Keringat Kamu


Selama ini, mungkin kamu hanya tahu kalau keluarnya keringat dari tubuh menandakan jika kamu merasa lelah sekaligus kegerahan. Tetapi, dilansir dari Livestrong.com, ada kondisi kesehatan yang dapat ditunjukkan oleh keringat. Semua ini mencakup informasi mengenai problem kesehatan (fisik maupun psikis) dan ketidakseimbangan nutrisi di dalam tubuh.

Umumnya, keadaan kesehatan seseorang yang dirasa tidak baik dapat diketahui dari wajahnya yang pucat, tubuhnya yang sangat kurus atau sangat gemuk (bengkak), kulitnya yang bermasalah (seperti nampak kering terkelupas dan timbul ruam), sehingga memacu suhu tubuh yang tinggi atau terlalu rendah atau dengan kata lain demam.

Baca juga: Jus diet pagi

Perlu di ketahui juga kalau keringat juga dapat mendeteksi lima masalah kesehatan yang dialami, Diantaranya:

Setres Berat
Sebagian orang, tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan dan aroma tidak sedap dapat disebabkan oleh tingkat stres yang sangat tinggi. Menurut International Hyperhidrosis Society, Kamu memiliki dua jenis kelenjar keringat, yakni ekrin dan apokrin.

Kelenjar ekrin berada di banyak bagian tubuh dan memproduksi keringat yang jernih dan tidak berbau. Sedangkan, kelenjar apokrin terletak di ketiak dan pangkal paha kelenjar ini memproduksi cairan yang berbau, apabila tercampur bakteri di permukaan kulit. Saat kamu sedang mengalami stres, kelenjar apokrin akan semakin aktif menghasilkan keringat tersebut. Tak heran ketika kamu banyak pikiran, bau tubuh pun menjadi kurang enak.

Mengalami hiperhidrosis atau anhidrosis
Berkeringat berlebih tanpa sebab dapat di tandai sebgai hiperhidrosis , meski tidak sedang berolah raga maupun berada di terik matahari. Sebaliknya, jika kamu sudah berolah raga dengan intensitas tinggi tetapi tidak menghasilkan keingat yang banyak, maka bisa juga dikatakan sebagai anhidrosis. Kondisi anhidrosis ini sangat berbahaya, karena suhu tubuh tidak bisa di keluarkan melalui keringat.



Kadar gula darah terlalu rendah
Berkeringat yang terlalu banyak juga bisa sebagai pertanda kalau gula darah kamu terlalu rendah. Saat gula darah kamu turun di bawah 70 miligram per desiliter, Kamu pasti akan mengeluarkan keringat berlebih. Kekurangan gula darah juga dapat menyebabkan tubuh menjadi“stres”, sehingga hormon adrenalin menjadi aktif dan timbullah keingat.

Kadar elektrolit terlalu rendah
Jika kamu banyak berkeringat yang disertai dengan pusing serta kram otot, tidak menutup kemungkinan kamu kekurangan elektrolit esensial, seperti natrium, klorida, magnesium, dan juga kalsium. Nah, untuk menjaga kadar natrium tetap stabil maka kamu harus banyak mengkonsumsi camilan asin. Seperti kacang.

Baca juga: Cara atasi rambut rontok

Ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat, bukan berarti tubuh kamu ada yang bermasalah, bisa juga tubuh sedang membentuk kekebalannya. Jadi tetap waspadai pertanda atau gejala yang tidak biasa kita rasakan dari tubuh. dan segera konsultasikan dengan ahli medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa informasi tentang kondisi kesehatan yang dapat ditunjukkan oleh keringat. Ketika kamu berkeringat dengan banyak setelah beraktifitas maka hal tersebut sangatlah normal, jika terjadi hal yang sebaliknya maka itu ada kondisi yang bermasalah dengan tubuh. Tetap jaga kesehatan tubuh dengan hidup sehat dan berolah raga.

Subscribe to receive free email updates: