JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Cara Membikin Saus Balado

Cara membuat sambal balado

foto:bukumasakan.com


Cara Membikin Saus balado. Saat berkunjung ke rumah makan padang, lidah kita akan disuguhi masakan dengan signatur bumbu yang kuat. Memang masakan Padang diketahui berani mengaplikasikan rempah-rempah, sebab itu wajar seandainya masakannya mempunyai cita rasa yang kuat. Jikalau Anda penggemar makanan padang sejati, Anda pasti telah familiar dengan ayam pop, gulai kepala ikan, saus pedas ijo, rendang balado dan masih banyak lagi lainnya. Bagaimana dengan saus pedas balado? Iya, kecuali saus pedas ijo yang khas, rumah makan padang juga sering menghidangkan saus pedas balado yang sedap Anda santap bersama lauk-pauk dan nasi. Berbeda dengan sambal ijo, si saus pedas balado ini didominasi rasa gurih, pedas dan juga manis. Hal ini yang menjadikan ia digemari banyak orang. Berani mencoba? Berikut kami sajikan cara membikin saus pedas balado khas padang.

Siapkan bahan

Adapun bahan yang diperlukan untuk membikin saus pedas balado ini antara lain:


  1. Cabai merah sebanyak 10 biji, Bersihkan dan iris tipis-tipis.
  2. Cabai  rawit sebanyak 5 biji.
  3. Bawang merah sebanyak 5 siung, bersihkan dan kemudian memarkan.
  4. Tomat merah segar dalam ukuran sedang. Cuci bersih kemudian potong kecil-kecil.
  5. Daun jeruk sebanyak 2 lembar. Cuci bersih dan kemudian membuang bagian tulangnya.
  6. Penyedap rasa, garam dan juga gula pasir secukupnya atau sesuai selera Anda.
  7. Minyak sayur untuk menggoreng, secukupnya.
  8. Air kaldu (ayam atau sapi) sebanyak 6 sendok makan.

l>
Mari Membikin Saos Balado Sedap

Sesudah seluruh bahan-bahan yang diperlukan siap, saatnya kita mengawali pengerjaan peracikan. Adapun cara membikin saus pedas balado, langkah demi langkah, sebagai berikut:


  • Siapkan ulekan dan mulailah menghaluskan cabe rawit merah, bawang merah, cabai merah, tomat merah, merica bubuk, garam dan gula pasir secukupnya. Tumbuk kasar, jangan terlalu halus.
  • Berikutnya, siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang di atasnya. Sesudah siap, masukkan seluruh bumbu yang ditumbuk kasar tadi. Tumis sampai bumbu-bumbu tersebut mengeluarkan bau harum.
  • Sesudah itu, kocoklah air kaldu sejenak dengan sendok kemudian dituang masuk ke dalam bumbu yang sedang ditumis di wajan. Aduk sampai bahan-bahan tersebut menyatu sempurna dengan kaldu dan menyerap dengan sempurna.
  • Berikutnya, masukkanlah daun jeruk yang telah dibuang bagian tulang daunnya. Masak sampai daun tersebut kelihatan layu.
  • Angkat dan sajikan saus pedas balado sedap Anda.

Metode membikin saus pedas balado khas padang ini cukup mudah bukan? Istimewanya, meskipun praktis, rasanya tetep juara! Saos balado ini paling sedap disantap dengan ikan atau ayam bakar bersama dengan sepiring nasi hangat. Jikalau Anda menyenangi yang manis, silahkan tambahkan kecap agar lebih tepat. Anda bebas memodifikasi saus pedas balado ini agar sesuai dengan cita rasa yang Anda sukai. Kesudahannya, selamat mencoba ya!

Subscribe to receive free email updates: