JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Cara membuat sambal Balado

Cara membuat Sambal Balado Yang Lezat dan Enak

Panduan membuat sambal balado


foto:bukumasakan.com

Berkunjung ke rumah makan padang, lidah kita akan disuguhi masakan dengan signatur bumbu yang kuat. Memang masakan Padang diketahui berani memakai rempah-rempah, sebab itu wajar jika masakannya mempunyai cita rasa yang kuat. Seandainya Anda penggemar makanan padang sejati, Anda pasti telah familiar dengan ayam pop, gulai kepala ikan, saos pedas ijo, rendang balado dan masih banyak lagi lainnya. Bagaimana dengan saos pedas balado? Iya, selain saos pedas ijo yang khas, rumah makan padang juga acap kali menghidangkan saos pedas balado yang enak Anda santap bersama lauk-pauk dan nasi. Berbeda dengan sambal ijo, si saos pedas balado ini didominasi rasa gurih, pedas dan juga manis. Hal ini yang mewujudkan dia digemari banyak orang. Tertarik mencoba? Berikut kami sajikan sistem membikin saos pedas balado khas padang. Selamat menyimak


Baca Juga: Resep sambal bawang rumahan

Siapkan Bahan-bahan! 

Adapun bahan yang diperlukan untuk membikin saos pedas balado ini antara lain: 

1. Cabe merah sebanyak 10 biji, Bersihkan dan iris tipis-tipis.
2. Cabe rawit sebanyak 5 biji.
3. Bawang merah sebanyak 5 siung, bersihkan dan kemudian memarkan.
4. Tomat merah segar dalam ukuran sedang. Cuci bersih kemudian potong kecil-kecil.
5. Daun jeruk sebanyak 2 lembar. Cuci bersih dan kemudian buang komponen tulangnya.
6. Penyedap rasa, garam dan juga gula pasir secukupnya atau layak selera Anda.
7. Minyak sayur untuk menggoreng, secukupnya.
8. Air kaldu (ayam atau sapi) sebanyak 6 sendok makan.

Mari Membuat Cabe Balado Enak 

Sesudah semua bahan-bahan yang diperlukan siap, saatnya kita memulai pengerjaan peracikan. Adapun sistem membikin saos pedas balado, langkah demi langkah, sebagai berikut:

1. Siapkan ulekan dan mulailah menghaluskan cabe rawit merah, bawang merah, cabai merah, tomat merah, merica bubuk, garam dan gula pasir secukupnya.
2. Tumbuk kasar, jangan terlalu halus.
3. Selanjutnya, siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang di atasnya. Sesudah siap,            masukkan semua bumbu yang ditumbuk kasar tadi. Tumis hingga bumbu-bumbu tersebut                    mengeluarkan bau harum.
4. Sesudah itu, kocoklah air kaldu sejenak dengan sendok kemudian dituang masuk ke dalam bumbu      yang sedang ditumis di wajan. Aduk hingga bahan-bahan tersebut menyatu total dengan kaldu dan      menyerap dengan total.
5. Selanjutnya, masukkanlah daun jeruk yang telah dibuang komponen tulang daunnya. Masak                hingga daun tersebut menonjol layu.
6. Angkat dan sajikan saos pedas balado enak Anda.

Cara membikin saos pedas balado khas padang ini cukup gampang bukan? Istimewanya, walaupun praktis, rasanya tetep jawara! Cabe balado ini paling enak disantap dengan ikan atau ayam bakar bersama dengan sepiring nasi hangat. Seandainya Anda menyukai yang manis, silahkan tambahkan kecap supaya lebih tepat. Anda bebas memodifikasi saos pedas balado ini supaya layak dengan cita rasa yang Anda sukai. Akibatnya, selamat mencoba ya!

Subscribe to receive free email updates: