JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Olahan Seafood indonesia

Ragam Seafood Indonesia



Indonesia di kenal dengan lautnya yang indah dan sangat memanjakan mata bagi para wisatawan. Kekayaan alam yang berlimpah, tak banyak yang di miliki oleh negara lain. Tak hanya itu, Keindahan dalam lautnya pun menjadi daya tarik tersendiri untuk selalu mngunjungi tempat tempat wisata lainnya. Terumbu karang dan ikan kan laut banyak di temukan di laut atau pantai Indonesia. Maka tak heran kalau menteri kelautan selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan melindungi kekayaan laut yang kita miliki.

Berbicara masalah laut, tak jauh dengan aneka macam hasil laut yang bisa kita nikmati. Ya, ikan atau seafood adalah hasil laut yang banyak di sukai para turis atau wisatawan yang datang untuk menikmati olahannya. Berbagai macam olahan makanan laut memiliki ciri khas bumbu yang berbeda dari tiap daerah. Jenis ikannya pun juga bervariasi dari tiap daerah. Seperti Makasar di kenal dengan penghasil ikan kudu kudu,kaneka dan katamba, terdengar asing bukan? Selain itu Pulau Lombok juga terkenal dengan hasil laut Lobster yang banyak dan masih segar. Udang dan juga kepiting menjadi ikon pulau lombok sebagai penghasil seafood terbaiknya.


Nah, Kali ini akan saya share bagaimana mengolah seafood yang enak dan tetap banyak kandungan gizinya, aman untuk dimakan dan selalu menjadi menu andalan keluarga. Tentu resep ini hasil dari nenek moyang ya. Hahahaha...Dan yang ingin penulis sajikan adalah bagaimana mengolah kepiting atau rajungan yang bisa menggoyang lidah anda semua. Tertarik untuk segera mencoba? Baca artikel ini sampai selesai ya.

Resep Rajungan bakar bumbu kari

foto:resepmasakan.com

Bahan yang di siapkan:

  • 2 sdm minyak
  • ½ buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang merah, iris halus
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 blik kaldu instan
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt bumbu kari
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 cc santan
  • 300 gram rajungan, digeprak


Cara membuatnya:

  • Panaskan minyak, lalu tambahkan bawang Bombay, bawang merah dan serai, tumis hingga harum.
  • Tambahkan kaldu instan, kecap asin, bumbu kari, gula dan santan, aduk rata, masak hingga mendidih.
  • Masukkan rajungan, aduk rata, masak selama 15 menit diatas api sedang, angkat, lalu bakar diatas bara api/dalam oven hingga matang. Angkat.

Baca juga: Resep sambal bawang yang nikmat

Oya, sebelum saya menutup tulisan ini, tahukah kalian apa perbedaan kepiting dan rajungan? Tentu para penggemar seafood tau kan apa itu rajungan dan kepiting? Bentuknya sih hampir sama, tetapi ada beberapa perbedaan yang terkadang tidak di ketahui oleh kita. Berikut perbedaannya.


foto:dapurumami.com

Rajungan

Rajungan memiliki bentuk tubuh yang ramping dengan capit lebih panjang, pipih, besar, dan bulat. Rajungan juga memiliki berbagai warna yang menarik pada karapasnya.
Duri akhir pada kedua sisi karapas relatif  panjang dan lebih runcing. Rajungan hanya hidup di air laut dan tidak dapat hidup pada kondisi tanpa air. Daging rajungan juga sangat sedikit. Kandungan proteinnya juga sangat tinggi.

Kepiting

Kepiting hidup di air laut yang tidak terlalu dalam, sehingga mudah untuk dicari dan juga kepiting hidup di dua alam, darat dan laut. Kepiting adalah binatang anggote krustasea berkaki sepuluh. Ketam adalah nama lain dari kepiting. Cangkang kepiting lebih tebal dan keras. Daging kepiting lebih banyak dan lebih manis. Kepiting dapat bertahan hidup lebih lama apabila tidak kena air.

Bagaimana sobat, sudah tau kan perbedaan rajungan dan kepiting. Semoga tulisan ini bermnafaat ya, dan boleh kok untuk mencoba resep yang saya bagikan. Selamat mencoba.




























Subscribe to receive free email updates: