JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

5 tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami


Tips terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi


tag meta deskripsi


Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis kronis dengan darah pada arteri meningkat. Hal ini menyebabkan kondisi jantung memompa darah lebih kuat dari pada biasanya. Tekanan darah yang melebihi 140/90mmhg. Angka 140 merujuk pada kondisi tekanan sistolik, sedangkan 90 mmhg merujuk pada kondisi diastolik. Tekanan darah normal orang dewasa adalah 120/80mmhg. Saat angka sistolik dan diastolik seimbang hal ini bisa dikatakan jika seseorang dalam kondisi normal dan tidak dalam kategori hipertensi. Hipertensi merupakan faktor utama timbulnya strok pada tubuh seseorang.  Dengan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, memacu seseorang untuk mudah terserang tekanan darah tinggi. Untuk itu, selalu cek kesehatan yang rutin agar kita mengetahui keadaan tubuh kita sendiri.

Ciri dan gejala hipertensi yang perlu kita ketahui.

Biasanya orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak menunjukan gejaka yang terlihat. Sehingga ketka terjadi sesuatu yang fatal akibat hipertensi, maka baru sadar kalau seorang tersebut memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Berikut ciri dan gejala hipertensi yang terkadang tidak kita hiraukan gejalanya:
1.       Sakit kepala parah
2.       Pusing
3.       Mual
4.       Detak jantung yang tidak teratur
5.       Kelelahan
6.       Nyeri dada
7.       Sulit bernapas
Gejal gejala di atas adalah sebagian kecil yang di rasakan oleh pasien. Untuk lebih jelasnya bisa berkonsultasi dengan pakar kesehatan terdekat.

Cara menurunkan tekanan darah
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Jaga berat badan.

Berat badan yang berlebih, juga memicu timbulnya tekanan darah tinggi. Artinya, kita wajb mengontrol berat tubuh secara rutin untuk mengetahuinya secara teratur. Hindari makanan yang mengandung kalori tinggi agar tetap mendapatkan bobot tubuh yang seimbang.

tag meta deskripsi


2. Olah Raga.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang selanjutnya adalah dengan olah raga. Aktifitas fisik yang satu ini di percaya bisa membuat tekanan darah menjadi normal. Hal ini terjadi karena peredaran darah lancar dan tubuh menjadi tetap sehat. Olah raga yang bisa di lakukan seperti lari, berenang,bersepeda dan juga latihan kardio. Dengan olah raga rutin 2 sampai 3 kali seminggu maka kita akan terhindar dari tekanan darah tinggi.

3. Kurangi konsumsi garam.

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi salah satunya adalah konsumsi garam yang tinggi. Kurangi takarannya satu sendok teh tiap hari secara teratur, agar tekanan darah di dalam tubuh bisa kembali normal.

4. Berhenti Merokok.

Satu batang rokok ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Rokok memang di kenal sebagi pemicu berbagai macam penyakit. Untuk itu, berhentilah merokok di mulai dari sekarang dan rubahlah pola hidup ke yang sehat dan alami.

5. Cek tekanan darah secara rutin.

Mengecek kesehatan secara berkala, terutama tekanan darah berguna untuk mengetahui kondisi dalam tubuh kita. Dengan cek kesehatan, kita akan mengetahui sejak dini masalah kesehatan. Baik masalah kecil maupun besar. Sehingga langsung bisa di tangani secara mudah oleh para ahli kesehatan.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil

Selain itu, ibu hamil juga sering mengalami tekanan darah tinggi. Terkadang bagi ibu hamil hal ini terjadi karena berbagai macam faktor seperti stres, kelelahan, usia kandungan yang bertambah, rasa gelisah atau takut. Untuk itu, selalu cek kandungan secra berkala agar seorang ibu hamil tahu dengan kondisi kesehatannya dan juga bayinya. Ada beberapa cara yang bisa di lakukan bagi ibu hamil untuk menurunkan tekanan darah secara alami, aman dan sehat bagi ibu hamil.

1. Jaga pola makan.

Pola makan yang tidak teratur juga bisa menaikkan tensi tinggi bagi ibu hamil. Masa kehamilan memamng masa yang penuh tantangan. Banyak ibu ibu hamil yang tidak menyukai dengan makanan makanan tertentu. Hal ini membuat pola makan menjadi tidak teratur. Pilihlah menu yang sesuai dengan selera ibu hamil setiap harinya. Dengan hal ini maka pola makan akan menjadi lebih baik dan bisa terhindar dai tekanan darah yang tinggi.

2. Minum obat secara teratur dan sesuai anjuran dokter.

Biasanya seorang dokter akan memberikan obat ataupun suplemen bagi ibu hamil yang dosisnya sudah di sesuaikan dengan kondisi pasien. Keluhan keluhan yang di sampaikan pasien kepada dokter saat pemeriksaan kandungan, juga bisa menjadi tambahan solusi bagi ibu hamil sendiri. Dokter memberikan obat tentu yang sesuai dengan riwayat pasien, jangan khawatir bunda untuk terus minum obat sesuai dengan anjuran dokter.

3. Olah raga yang sesuai dengan kondisi kehamilan.

Olah raga dan aktifitas fisik adalah satu hal yang bisa menjaga tekanan darah tetap stabil bagi ibu hamil. Pilihlah gerakan yang sesuai dan aman untuk di lakukan bagi bunda. Jangan terlalu memaksakan saat dirasa kurang nyaman. Olah raga yang bisa di lakukan seperti yoga, jalan santai, atau berenang. Cukup sediakan waktu 30 menit untuk melakukan aktifitas ini.

4. Hindari asap roko, merokok dan juga alkohol.

 Efek negatif dari asap rokok, rokok dan juga alkohol bagi ibu hamil sangatlah berbahaya. Bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Sering terpapar asap rokok dapat menimbulakn penimbunan zat  lemak(plak) di dalam pembuluh darah. Dan lama kelamaan akan menjadikan tekanan darah tinggi. Untuk itu, hindari dengan tiga hal yang berbahaya di atas agar tubuh ibu dan janin dalam kandungan tetap sehat.
Kesimpulan:
Seiring dengan perkembangan jaman seperti sekarang ini, gaya hidup dan juga pola makan yang tidak sehat adalah salah satu pemicu tumbuhnya penyakit dari dalam tubuh kita. Merubah pola makan yang sehat, sering kali menjadi masalah terberat bagi mereka yang sudah kecanduan dengan gaya hidup moderen. Terkadang mereka tidak memikirkan dampak dari pola hidup yang demikian. Kesehatan sangat lah penting dan menjadi salah satu aset termahal dalam kehidupan. Untuk itu, saya sekedar berbagi informasi kepada pembaca untuk selalu menjaga kesehatan. Rubahlah kebiasaan buruk yang hanya akan berdampak negatif bagi kita.



Subscribe to receive free email updates: