JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

7 Manfaat Timun yang Baik untuk kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk kesehatan tubuh

tag meta deskripsi


Timun merupakan salah satu sayur dan juga tegolong dalam kategori buah. Jadi, kita bisa mengatakan kalau mentimun itu buah, kita juga bisa menyebutnya jika mentimun itu sayur. Buah yang satu ini tergolong buah yang sangat mudah untuk kita temukan. Saat belanja di pasar, swalayan, bahkan di warung warung tenda sekalipun banyak yang menyediakan olahan timun.

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, buah timun sering di jadikan sebagai pelengkap makanan saja. Misalnya untuk lalapan, acar atau untuk tambahan salad. Sejatinya olahan timun sendiri dapat meningkatkan selera makan seseorang. Mentimun sejatinya buah yang memiliki kadar air tinggi. Hampir 95% persen buah ini mengandung air, sama dengan semangka.

Kandungan vitamin dalam mentimun juga tak kalah bagusnya dengan buah buahan yang lain. Seperti Vitamin K, Vitamin B, Vitamin C,kalium, tembaga dan juga mangan yang sangat membantu untuk tubuh kita dari kekurangan nutrisi. Kandungan polifenolnya juga dapat mencegah tubuh dari timbulnya penyakit kronis.

Di dalam mentimun, terdapat biji mentimun berwarna agak putih dan berukuran kecil bukan? ya, biji mentimun ternyata memiliki kegunaan yang baik untuk mengatasi radang tenggorokan. Campurkan biji mentimun dengan air dan garam, gunakan untuk berkumur selama 2 kali sehari secara teratur, maka radang tenggorokan yang sangat menyiksa akan berangsur angsur sembuh.

Manfaat Mentimun

Ada banyak manfaat kenapa kita harus mengkonsumsi mentimun setiap hari. Berikut manfaat mentimun yang perlu kita ketahui bersama:

1. Mengatasi Mata bengkak
Mata bengkak yang karena tidur terlau malam atau lelah karena bekerja di depan komputer ,bisa kita atasi dengan mentimun. Caranya dengan mengiris tipis tipis mentimun, dan di taruh di kedua mata sambil terpejam. Lakukan dengan berbaring selama 15 menit.

2. Mencegah Stres
Vitamin B yang terkandung dari mentimun ternyata mampu menurunkan atau meringankan perasaan cemas dan melindungi diri dari efek stress yang berat. Timun memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Baca juga : Cara menurunkan berat badan tanpa olah raga

3. Mencegah Dehidrasi
Kandungan air yang hampir 95% dari buah yang satu ini,dapat memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita setiap harinya. Jika kita bosan meminum air putih, alternatif yang bisa di lakukan adalah dengan mengonsumsi mentimun. Apalagi irisan mentimun tersebut di masukkan kedalam botol air minum (infused water) maka akan menambah kesegaran air saat meminumnya.

tag meta deskripsi


4. Menurunkan Berat Badan.
Ternyata mentimun bisa menurunkan berat badan secara berkala. Dengan meminum jus mentimun maka kadar lemak dalam tubuh akan berkurang.Minum air mentimun akan membantu kita mengurangi rasa lapar. Buat kalin yang sedang berusaha menurunkan berat badan alangkah baiknya mengonsumsi timun dengan berbagai lahan. Seperti di jus dengan bayam, jus mentimun dengan apel hijau dan tambahan lemon.

5.Membantu Menurunkan Tekanan darah kandungan kalium dalam mentimun di percaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bagi penderita hipertensi, biasanya kadar garam dalam tubuh sangat tinggi sehingga tekanan darah menjadi naik atau tinggi. Hal ini biasanya di tandai dengan kepala terasa pusing dan badan terlihat lemas. Untuk itu, untuk menetralkan kadar garam yang tinggi dalam tubuh, sebaiknya mengkonsumsi mentimun sesuai dengan anjuran yang di tetapkan.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Rajin mengonsumsi mentimun ternyata dapat menghambat bertumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Timun mengandung dua fitonutrisi yang berfungsi mencegah kanker, cucurbitacun dan lignan. Selain itu juga memiliki kandungan flavanoid fisetin yang juga dapat menghambat tumbuhnya sel kanker prostat.

Baca juga: Jus diet pagi

7. Menjaga kesehatan Jantung
Keseimbangan kalium yang tepat baik di dalam maupun di luar sel sangat baiak bagi tubuh kita untuk berfungsi dengan baik. Untuk menjalankan fungsinya,yang termasuk berinteraksi dengan natrium untuk membantu mengendalikan transmisi implusf saraf,kontraksi otot dan fungsi jantung.

Manfaat mentimun untuk ibu hamil

tag meta deskripsi


Belum banyak diantar ibu hamil yang tau akan manfaat dari mentimun. Buah yang juga ada yang menyebutnya sayuran ini ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk ibu hamil. Kaya akan kadar air, mentimun dapat membantu ibu hamil dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Selain itu masih banyak manfaat lain yang perlu kita ketahui bersama.

1. Vitamin K
Adalah nutrisi penting untuk tulang yang sehat dan kuat. Selaian itu vitamin B,asam folat dan magnesium juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak.

2. Mencegah Dehidrasi
Kandungan air dalam timun, dapat membantu ibu hamil dari kekurangan cairan. Tentu jangan berlebihan saat mengkonsumsinya karena ibu hamil biasanya alergi dengan beberapa makanan maupun buah dan sayur.

3. Memperbaiki suasana hati
Vitamin B dalam timun dikenal untuk meningkatkan mood. Buah ini juga bisa membantu meredakan perasaan cemas dan stres.

4. Mengatasi sembelit
Ibu hamil sering kali mengalami sembelit. meskipun pola makannya teratur, sembelit menjadi masalah tersendiri bagi ibu hamil. Kandungan serat yang tinggi, mentimun dapat mengatasi dan mencegah sembelit terutama bagi ibu hamil.

Resiko mentimun bagi ibu hamil

Selain memiliki sejuta manfaat untuk ibu hamil, mentimun juga memiliki beberapa resiko jika di konsumsi secara berlebihan bagi ibu hamil. Berikut resiko yang didapatnya:

1. Gangguan pencernaan dan perut terasa kembung karena kadar gas berlebih.
2. Kadar air yang tinggi berdampak bagi tubuh, yaitu meningkatnya frekuensi buang air kecil yang tinggi sehingga membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.
3. kadang mentimun juga bisa menimbulkan alergi bagi ibu hamil. seperti bengkak atau gatal.
4.  Mentimun mengandung zat beracun cucurbitacin dan triterpenoid tetrasiklik, yang bisa mengancam jiwa kalau dikonsumsi berlebihan.

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa saya bagi kepada pembaca semua tentang manfaat mentimun bagi kesehatan, manfaat mentimun bagi ibu hamil dan juga resiko mengkonsumsi mentimun bagi ibu hamil yang berlebihan. Semoga artkel ini bermanfaat bagi kita semua.
















Subscribe to receive free email updates: