JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Bosan jadi karyawan? inilah peluang usaha yang menjanjikan dan perlu di coba

Merintis usaha, meski masih menjadi karyawan.




Bekerja di sebuah perusahaan dengan rentang waktu yang lama, terkadang membuat sebagian karyawan merasa jenuh atau bosan. Mereka membuang rasa bosan itu dengan pergi jalan jalan dengan keluarga di waktu hari libur, atau ada yang mengisi waktu luangnya dengan mencoba hal hal yang baru. Seperti becocok tanam, berdagang kecil kecilan atau bahkan mencoba peruntungannya menjadi seorang blogger. Semua kegiatan itu bisa di jalankannya guna menyingkirkan rasa bosan atau hanya untuk merefreshing saja.

Pernah terlintas di pikiran saya saat masih bekerja di sebuah perusahaan manufaktur, Dalam benak saya berpikir bagaimana saya bisa memiliki sebuah usaha yang bisa saya jalankan di saat pulang kerja, atau bisa di jalankan ketika saya sedang istirahat di kantor. Usaha sampingan adalah sebuah usaha yang bisa di lakukan di saat waktu luang, atau bisa dikatakan sebagai usaha tambahan yang di jalankan oleh beberapa orang yang sudah memiliki usaha tetap. Hasil yang di dapat dari usaha ini juga cukup lumayan besar, tergantung bagaiman kita bisa menjalankannya dengan baik.


Bagi karyawan, mahasiswa/pelajar, Guru, atau profesi lain, jam kerja yang terkadang padat dan penghasilan yang masih di bilang kurang untuk memenuhi kebutuhan rumah, Banyak dari mereka yang memulai membuka usaha sampingan di rumah. Ada yang berjualan gorengan menggunakan gerobak setelah pulang kerja, Ada yang membuka les privat, berjualan pulsa atau bahkan ada yang mencoba usaha online seperti menjadi reseller, dropship dan juga mencoba peruntungan lain.



Tak hanya itu saja, seorang Ibu rumah tangga yang meski sudah memiliki segudang pekerjaan juga berkeinginan memiliki usaha sampingan yang bisa di jalankannya di sela sela waktu mengurus anak dan keluarga. Ada banyak alasan mengapa seorang ibu rumah tangga ingin memiliki usaha sampingan. 

  1. Ingin membantu menambah penghasilan atau ekonomi keluarga. Yang semua kebutuhan tidak di bebankan oleh suami.
  2. Mengisi waktu luang setelah semua tugas negara alias tugas rumah selesai, Tentu sambil momong atau mengasuh anak
  3. Menyalurkan hobi, Beberapa ibu rumah tangga yang memiliki hobi banyak yang menyalurkannya untuk membuka sebuah usaha. Seperti suka memasak, mereke ada yang membuka warung makan, Yang berhobi membuat kue mereka tak sungkan untuk menyalurkannya dan mengubah hobinya menjadi pundi pundi rupiah. Dan tentu dengan tekad dan keuletan yang kuat, maka hasil yang di perolehnya pun sangat menjanjikan. 
Berdasarkan pengalaman saya membaca beberapa artikel, ada seorang ibu rumah tangga yang sukses membuka usaha sampingannya. Ia tinggal di desa yang dengan akses jalan tak begitu memadai. Usahanya banyak di cari orang dan mendapatkan hasil yang cukup lumyan besar. Ketekunannya merintis usaha sambil mengurus keluarga membuat ibu satu ini bisa dikatakan sukses dalam berwirausaha dan berumah tangga. Beternak ayam kampung. Adalah usaha yang di tekuninya. Dengan modal yang kecil ayam kampung bisa kita pelihara dengan mudah. 


Selain beternak ayam kampung, usaha sampingan yang cocok di jalankan untuk mereka yang tinggal di pedesaan adalah berjualan aneka jajan pasar. Jajan pasar sangat familiar di daerah pedesaan. namun seiring berjalannya waktu, jajanan pasar sudah banyak di temukan di restoran restoran besar. Tentunya dengan inovasi dan kreasi yang unik dari para koki atau chef. Dulu, jajanan pasar banyak di temui saat ada acara hajatan saja, seperti pernikahan, acara 7 bulanan  dan juga acara tedak siten bagi mereka yang tinggal di daerah jawa. 



Tips agar usaha sampingan bisa sukses dan menghasilkan banyak income
Tentu semua pengusaha ingin agar usahanya bisa berjalan lancar dan membuahkan hasil yang banyak. Hal ini adalah sebuah impian dan salah satu tujuan yang relatif di miliki oleh pengusaha. Namun, ketika usaha tersebut masih dirintisnya, banyak kendala dan permasalahan yang sering kali membuat para pengusaha gulung tikar, apalagi untuk pemula. Mereka langsung berfikiran kalau usahanya tidak laku atau tidak bisa dijalankan lagi, padahal kalau ini semua terjadi, adalah sebagian kecil dari sebuah perjalanan dalam membuka usaha. 

Untuk itu, berikut ini tips agar usaha sampingan yang sedang anda rintis bisa berjalan dengan baik, dan mendapatkan hasil yang luar bisa.
  • Gunakan rasio 50:25:25. adalah sebuah rasio atau rumus perhitungan dalam mengelola usaha. Dilansir dari liputan 6.com. Semisal usaha anda memiliki omset 5 juta pebulan, maka perhitungannya sebagai berikut:
  •  Rp. 5.000.000 x 50% = Rp.2.500.000 di gunakan untuk dana perputaran usaha.
  • Rp.5.000.000 x 25% = Rp.1.250.000 di gunakan untuk dana atau modal tambahan usaha.
  • Rp. 5.000.000 x 25% = Rp. 1.250.000 di gunakan untuk menggaji diri sendiri. Atau bisa dikatakan sebagai uang jajan untuk diri kita. Nah, dngan dana inilah kita bisa mempergunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga tanpa harus mengurangi modal dari usaha smpingan. Sehingga usaha tetap lancar dan pendapatan tambahan pun bisa diperoleh dengan baik. 
  • Menargetkan usaha kita setiap bulannya. Sebuah usaha yang besar tentu mempunyai target yang rinci. Baik target yang di tetapkan untuk para karyawan, maupun target yang di miliki oleh pemilik usaha atau owner. Semisal dalam sehari ada 2 pelanggan yang datang membeli atau mengguankan produk kita, maka dalam sebulan bisa mendapatkan 60 pelanggan. Dengan target yang sedemikian rupa, maka kita bisa menghitung income atau pendapatan yang di perolehnya.
  • Lakukan pembukuan secara rinci dari tiap transaksi. Dengan melakukan pencatatan atas apa yang kita kerjakan setiap harinya, maka kita bisa mengetahui masalah dan juga cara mengatasinya dengan tepat. Mengetahui keluar masuknya modal, memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha dengan baik, dan juga bisa mengetahui sejauh mana usaha kita berjalan.
Bagaimana? tertarik untuk membuka atau memiliki usaha sampingan? yuk lakukan mulai sekarang, siapa tau 2 atau 3 tahun kedepan usaha yang kita rintis membuahkan hasil.







Subscribe to receive free email updates: