JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Biografi BJ Habibie

Mengenal lebih dekat sosok Mr.Crack


foto:CNBC


Mr.Crack adalah sebutan penghormatan internaional yang di berikan untuk Baharudin Jusuf Habibie. Beliau mendapatkan julukan tersebut karena kontribusinya dalam bidang teknologi pesawat terbang secara global. Selain itu, Teori Habibie sangat dikenal sebagai Crack Propagation Theory, dalam industri pesawat terbang. 




Habibie sangat dikenal luas sebagai pembuat pesawat terbang pertama untuk indonesia,namun sejatinya habibie hanyalah manusia biasa yang juga memiliki kekurangan. Di saat politik sedang genting gentinya, Habibie harus rela menggantikan posisi presiden soeharto yang mundur dari jabatannya. Selama 16 bulan menjabat sebagai presiden dan dengan situasi politik yang memanas habibie harus rela menerima kritik terbesarnya dengan lepasnya Timor timur dari Indonesia.


Habibie muda

Baharudin jusuf habibie lahir di pare pare Sulawesi selatan pada tanggal 25 juni 1936. Beliau adalah anak keempat dari delapan bersaudara. Ibunya yang bernama RA.Tuti marini puspowardojo adalah sosok orang tua yang sangat sabar saat menghadapi pertanyaan pertanyaan kecil dari Rudy. Sapaan akrab untuk sang profesor pesawat. Ayahnya Alwi abdul jalil habibie meninggal saat Rudy masih kecil. Jadi Rudy kecil lebih banyak tinggal bersama ibunya. Ra.Tuti marini P. adalah seorang dokter spesialis mata dan beliau praktek di yogyakarta. Berasal dari keluarga yang gemar beternak sapi dan memiliki kuda yang lumayan banyak, Rudy habibie tak meninggalkan itu semua. Di waktu liburnya saat berada di rumah beliau juga sering membantu kakeknya menggembala sapi dan kuda kudanya.

Saat berusia 19 Tahun pak habibie memutuskan untuk melanjutkan belajarnya di jerman. Beliau mengambil jurusan mesin kontruksi pesawat terbang. Dengan menempuh pedidikan di jerman banyak waktu yang di habiskan saat mudanya hanya untuk belajar. Maka tak heran jika Rudy Habibie lulus dengan cumlaude dan menjadi mahasiswa terbaik dari Indonesia.

Cita cita habibie setelah pulang ke Indonesia adalah membuat Industri pesawat untuk negaranya. Cita cita habibie ini sempat mengagetkan dunia. Beliau punya keinginan yang sangat luar biasa yaitu, dengan kemajuan teknologi maka seluruh rakyat indonesia bisa menikmati kemudahan dalam segala bidang.

Cinta Habibie
foto:brilio.net

BJ. Habibie menikah dengan seorang perempuan berdarah jawa. Dia adalah Hasri Ainun Besari. Putri dari R.Mohamad besari dan Ibunya bernama Sadarmi. Ibu Ainun sendiri seorang dokter dan sudah mengabdikan dirinya di Rumah sakit Cipto Mangunkusumo jakarta. Mereka menikah pada tanggal 12 mei 1962. Saat akad nikah habibie dan ainun menggunakan adat jawa yang kental sesuai dengan latar belakang pengantin perempuan. Dan keesokannya di langsungkan resepsi pernikahan, namun saat itu menggunakan adat dan budaya Gorontalo. Dari pernikahannya di karuniai dua orang putra yang juga menuruni bakat ayahnya dalam dunia penerbangan. Ilham akbar habibie dan Tareq kemal Habibie.

Setelah acara pernikahan selesai, Habibie mengajak ainun bertandang ke jerman untuk menyelsaikan studynya dan bekerja pada sebuah perusahaan besar kala itu. Sebelum menikah, habibie tak banyak menjanjikan banyak hal kepada ainun. Beliau hanya ingin menjadi suami yang terbaik untuk ainun.Cinta habibie dan ainun mencontohkan kepada kita kalau cinta sejati adalah benar adanya. Sampai maut pun mereka akan tetap bersanding bersama. Seorang tokoh yang jenius dan juga memberikan inspirasi bagi kita. banyak sekali ilmu yang di berikan oleh Pak Habibie untuk generasi sekarang ini.

Pendidikan Habibie
Rudy habibie menamatkan jenjang tingkat SMAnya di sekolah menengah atas kristen dago. Kemudian kuliah untuk belajar teknik mesin pada fakultas teknik Universitas Indonesia Bandung, yang sekarang menjadi ITB. Setelah itu pada tahun 1955-1965 habibie melanjutkan kuliah di jerman mengambil jurusan konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen jerman barat. dan berhasil meraih gelar diploma ingenieur pada tahun 1960. Dan juga berhasil meraih Doctor ingeniur tahun 1965 dengan predikat lulus summa cum laude.



Penghargaan Habibie

Bapak teknologi yang kita kenal dengan kejeniusannya dalam bidang peswat ini, memiliki segudang penghargaan. Tak banyak orang yang mengetahui tentang penghargaan apa saja yang di peroleh pak habibie. Beliau adalah sosok panutan untuk kita semua. Dengan sederet prestasi belaiu tetap mencerminkan sosok yang rendah hati.

Salah satu prestasi yang cukup gemilang dari sang profesor pesawat adalah Teori tentang menghitung keretakan atau crack progresion on random saat mempelajari fenomena fatigue konstruksi pesawat. Maka tak heran BJ Habibie di juluki sebagai Mr. Crack karena rumus temuannya. selain itu beberapa penghargaan dari dunia juga ia dapatkan. Seperti dikutip dari kontan.co.id dua penghargaan yang di berikan dari jerman untuk Habibie adalah "Das Grosse Verdenstkreuz Mit Stern und Schulterband" dan "Das Grosse Verdienstkreuz" merupakan pengakuan dari jerman untuk Habibie atas jasa jasanya dalam bidang politik, sosial maupun teknologi.

Selanjutnya di lansir dari Tribunnews.com penghargaan yang berhasil di peroleh oleh BJ Habibie adalah:

  • Bintang Mahaputra Adipradana Republik Indoneisa Tahun1982.
  • Grand Cross of The Aeronatical Merit Republik Chili tahun1985.
  • Grand Cordon of The Order of Al-Istiqlal (independence) Kerajaan Hashemite Yordania (1986)
  • International News Amerika Serikat (1986)
  • Grand Cross of King Leopold II Kerjaan Belgia (1991)
  • Doctor Honoris Causa untuk bidang ilmu pengetahuan Cranfield Institute of Technology Cranfield, Bedford, Inggris (1993)
  • Edwar Warner Award dari Dewan Eksekutif Lembaga Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO) (1994). dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.
Habibie adalah orang pertama yang mendapatkan penghargaan bergengsi di kancah dunia. Serta menjadi kiblat penerbangan sipil dunia diMontreal Canada. Habibie dianggap sangat berjasa ata pengembangan disain pesawat dunia dan keajuan industri kedirgantaraan untuk Indonesia.

Patut kita contoh dari jasa jasa sang bapak demokrasi atas dedikasinya untuk negeri ini. Banyak ilmu yang beliau tularkan untuk kita, dari kecintaanya terhadap negera, keluarga dan juga Pekejaanya. Kini sang Mr.Crack sudah tiada hanya kenangan dan ilmu yang bisa kita jalankan.
















Subscribe to receive free email updates: