JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Cara mencari jurnal Internasional dan Nasional gratis

Cara mencari jurnal Nasional dan Internasional

tag meta deskripsi


Untuk memyelesaikan promgram S1 maupun S2, seorang mahasiswa harus membuat skripsi maupun tesis. Tak heran kalau masa masa ini banyak yang di anggap masa yang paling banyak menghabiskan waktu, pikiran dan juga tenaga. Untuk menyelesaikan jenjang strata satu misanlnya, setiap mahasiswa wajib membuat skripsi dengan topik atau tema yang di angkat harus di setujui oleh dosen pembimbingnya. Penelitian yang akan di buat harus bisa di cek atau sesuai dengan kenyataan yang ada. Sumber atau referensi yang di ambil bisa mereka dapatkan melalui internet, buku, jurnal dan dari narasumber langsung.

Jurnal yang biasa di jadikan sebagai landasan dalam penulisan skripsi, adalah hal yang wajib di peroleh untuk sumber penelitian. Namun pada kenyataannya, banyak mahasiswa yang masih bingung  bagaimana cara mencari jurnal nasional maupun internasional secara mudah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ni saya akan sedikti berbagi kepada pembaca, mengenai bagaimana mencari jurnal yang gratis dan mudah.

1. Situs DOAJ (https://doaj.org)
Situs yang satu ini terkadang masih asing terdengar untuk kita. DOAJ sendiri adalah kepanjangan dari directory of open accsess journal. Di situs ini banyak jurnal dan contoh artikel yang bisa di jadikan sumber penelitian. dengan mengkases di https://doaj.org setelah mengetikan kata kunci pada kolom pencarian, dan hilangkan tanda centang pada kolom artikel maka kita akan mendapatkan jurnal yang sesuai dengan kata kuncinya.

tag meta deskripsi


Pilih salah satu jurnal yang akan di download, klik pada judul jurnal untuk mengetahui secara rinci jurnal tersebut. kita bisa melihat tahun pembuatan, nama peneliti, isi dari jurnal yang terdiri dari metode penelitian, tujuan, isi dan juga hasil dari penelitina itu sendiri.

2. SJR (www.scimagojr.com)

SJR ini adalah situs penyedia layanan menaci jurnal yang sangat mudah untuk di akses. Di sana kita bisa mencari jurnal nasional maupun internasional. Hampir sama dengan DOAJ saat melakukan pencarian jurnal. Kita tinggal mengetikkan kata kunci saja dalam kolom pencarian. Di SJR ini jurnal yang terkandung banyak dari jurnal internasional.

tag meta deskripsi
3. Science Direct
 Di situs science direct kalian akan medapatkan jurnal yang berbayar. dengan langkah pertama kalian wajib mengetikkan alamat situs seperti ini:https://www.sciencedirect.com maka akan masuk pada halaman pencarian. ketikkan kata kunci jurnal yang ingin dicari kemudian tekan tombol enter. Daftar jurnal akan muncul sekitar 3 detik. Hampir semua jurnal dalam format PDF dan berbayar. Untuk mengubahnya ke yang gratis kalian tinggal klik kanan atas dari hasil pencarian pada "All access types" dan ubahlah menjadi " open acces article" maka hasil pencarian akan di perbarui. Nah, jurnal yang tampil menjadi jurnal yang gratis dan siap untuk di unduh.

tag meta deskripsi

4. Menggunakan Google Scholar/ Google cendekia
Siapa sih yang belum kenal dengan google scholar, ya. Salah satu layanan google ini banyak di minati bagi para pemburu jurnal. Banyak jurnal yang bisa di akses melalui situs ini. Kita bisa mengetikkan kata kunci, tahun yang di cari saat akan mencari jurnal. Mungkin diantara para pembaca sudah sering mengakses situs ini, namun tak sedikit juga yang belum pernah melihat tampilan dari google scholar. Pada google scholar banyak mengandung jurnal jurnal nasional, artikel maupun jurnal pengembangannya. Untuk mengkasesnya kalian ketikkan alamat situsnya seperti ini:https://scholar.google.co.id nah pada kolom pencarian silahkan masukkan kata kunci jurnal yang akan di cari.

tag meta deskripsi

Itulah 4 situs penyedia layanan untuk mencari jurnal nasioanal maupun jurnal internasional. Selamat mencoba dan mudah mudahan artikel ini bermanfaat ya. Sukses untuk kalian semua.






Subscribe to receive free email updates: