JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

4 Tips presentasi yang baik hanya dengan senyuman


4 Tips presentasi yang baik dan sangat menarik

tag meta deskripsi

Presentasi adalah sebuah pembicaraan atau penyampaian informasi,opini dan juga pendapat yang dilakukan di hadapan orang banyak. Seseorang yang akan melakukan presentasi biasanya mempersiapkan segala sesuatunya jauh jauh hari. Seperti tema yang akan di sampaikan, gaya bahasa dan penampilan yang baik untuk para audience. Penyampain yang baik dan mudah di terima oleh para pendengar, adalah salah satu keberhasilan sebuah presentasi.

Di dalam presentasi, tersenyum adalah salah satu instrumen yang perlu dan wajib di lakukan oleh seorang pembicara. Selain itu gaya bahasa yang tidak kaku dan banyak menyisipkan candaan atau guyonan, dapat mencairkan suasana yang terlihat formal. Sebuah senyuman dapat memancarkan kebahagiaan bagi lawan bicara kita. Senyuman juga memberikan rasa nyaman bagi kita dan menunjukkan jika diri kita dapat memberikan dan merubah suasana hati seseorang.

Ada banyak sekali alasan seseorang harus memberikan senyuman saat presentasi. Selain berguna untuk diri sendiri, senyuman dapat memberikan rasa happy bagi peserta. Berikut tips dan manfaat presentasi yang baik dan menarik hanya dengan senyuman, dan yang perlu di lakukan saat menjadi pembicara.

  1. Terlihat sangat cool dan menguasai keadaan.
Tips presentasi yang baik salah satunya adalah memberikan senyuman yang pas bagi peserta. Hal ini bertujuan untuk menjadikan anda sebagai pembicara terlihat sangat cool dan elegan. Kalau kata orang pelit senyum itu terlihat sangat berwibawa, namun sejatinya adalah salah. Memberikan senyuman adalah salah satu bentuk tips atau trik yang perlu dilakukan bagi pembicara.
Presenter atau pembawa acara akan lebih keren dan menarik saat mereka melontarkan senyuman, ketimbang bagi presenter yang terlihat kaku dan kurang berekspresi.

2. Membantu menghubungkan koneksi yang baik terhadap audiense.

Presentasi perlu tersenyum untuk membangun hubungan dengan peserta. Dengan saling terhubungnya peserta, maka informasi yang di sampaikan oleh pembicara akan mudah masuk dan diterima olehnya. Jadi, saat kita akan mengawali acara dan memberikan senyuman kepada audiense, maka koneksi yang baik akan terjalin. Karena para peserta pun juga akan membalasnya dengan senyuman pula.

3. Menjadikan pikiran tenang dan terasa rileks.

Manfaat tersenyum saat presentasi selanjutnya adalah memberikan perasaan rileks dan pikiran menjadi tenang. Ini terjadi karena adanya pelepasan hormon dopamin dan serotonin dari dalam otak. Saat tersenyum, otak akan memproduksi bahan kimia yang memberi tahu anda, kalau anda menikmati aktifitas ini. Dopamin meningkatkan efek rasa bahagia, sedangkan serotonin membantu menghilangkan stres dalam tubuh.

4.Membuat panjang umur.

Ini adalah alasan jangka panjang dari tersenyum. Banyak yang beranggapan jika memberikan materi saat presentasi hanya akan membuat kita stres. Namun, dengan menyelipkan senyuman bagi peserta maka rasa stres atau perasaan jenuh akan berkurang. Tersenyum adalah aktifitas sederhana yang perlu kita laukan tidak hanya saat presentasi saja. Melainkan dalam hal apapun dan saat aktifitas apa saja.

 Yang terpenting, saat menajdi public speaking aset pertama yang perlu kita sampaikan adalah, informasi yang kita miliki bisa di terima oleh peserta. Public speaking adalah industri jasa yang setiap orang belum tentu bisa melakukannya. Dengan tips presentasi yang menarik diatas, jika kita bisa melakukannya maka para peserta akan mudah menenrima materi dari kita.  

Subscribe to receive free email updates: