JAJAN KAKI LIMA, MEDIA INFORMASI TERKINI

Cara membuat nasi goreng Babat yang enak dan murah

Cara membuat nasi goreng Babat yang enak dan murah


tag meta deskripsi


Nasi goreng adalah salah satu menu favorit bagi lidah orang Indonesia. Menu masakan yang bahan utamnya adalah nasi ini, sudah ada sejak pulahuna tahun yang lalu. Banyak kombinasi nasi goreng yang sering kita jumpai di pasaran. Seperti nasi goreng babat, nasi goreng telur, nasi goreng ayam dan masih banyak lagi.

Cara membuat nasi goreng pun sangat mudah dan sederhana sekali. Tergantung dari kita, mau di tambahin campuran apa saja yang nantinya menjadi pelengkap dari masakan ini, sesuai dengan selera kita.


Kali ini saya akan berbagi tips cara membuat nasi goreng babat yang enak dan tidak bikin kantong kempes tentunya dengan ciri khas masakan jawa. Bahan yang perlu di siapkan adalah:

Bahan utama nasi goreng babat:
1.       250 gram nasi putih
2.       2 sendok makan minyak untuk menumis
3.       150 gram daging babat yang sudah di potong potong
4.       2 batang daun bawang, iris tipis tipis. Bisa diambil daunnya saja.
5.       1 butir telur ayam, kocok lepas
6.       1 sendok makan kecap manis

Bumbu untuk nasi goreng babat:
1.       3 siung bawang putih
2.       2 siung bawang merah
3.       5 buah cabai rawit
4.       5 buah cabai keriting merah
5.       1 buah kemiri
6.       Garam dan penyedap rasa secukupnya
7.       Merica bubuk secukupnya atau sesuai selera.

Bahan pelengkap nasi goreng babat:
1.       Kerupuk udang
2.       Acar mentimun
3.       Sate jerohan (opsional)

Cara membuat nasi goreng babat :
Untuk membuat nasi goreng sederhana ini, kita tinggal mengikuti langkah demi langkah sesuai dengan bumbu yang sudah di siapkan seperti:

1.       Haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan sesuai dengan tulisan di atas, jiak suka dengan terasi, bisa di tambahkan sedikit terasi pada bumbu nasi goreng. Kemudian sisihkan terlebih dahulu.
2.       Masak atau rebus daging babat tadi yang sudah di potong dan tentunya juga sudah di bersihkan. Tunggu sampai daging terasa empuk, agar saat di campurkan pada nasi goreng tidak terlalu keras atau alot.
3.       Panaskan miyak untuk menumis bumbu halus. Masukkan bumbu ke dalam minyak yang sudah panas, aduk aduk agar tidak gosong. Setelah bumbu tercium harum, masukkan nasi putih, daun bawang dan juga daging babatnya.
4.       Campur semua bahan dan nasi kedalam satu wajan, saat terlihat agak matang, tambahkan kocokan telur tadi ke dalam nasi. Beri penyedap rasa, kecap manis dan juga merica jika rasa ingin pedas.
5.       Jangan lupa untuk tes rasa, tempatkan nasi pada piring saji. Hidangan nasi goreng babat telah selesai dan siap untuk di santap bersama anggota keluarga.

Sebenarnya membuat nasi goreng babat ini hampir sama dengan membuat nasi goreng pada umumnya. Cuma kali ini saya mencampurnya dengan daging babat, sehingga aroma daging yang khas membuat selera makan bertambah.


Untuk bahan pelengkap sendiri di sesuaikan dengan selera masing masing. Begitu juga dengan rasa pedasnya. Kalau saya sangat suka dengan rasa pedas, sehingga penambahan merica bubuk, menambah rasa pedas semakin kuat.

Subscribe to receive free email updates: